Sunday, December 13, 2015

Tips Membuat Blog Tampil Di 10 Besar Pencarian Google

Tips Membuat Blog Tampil Di 10 Besar Pencarian Google -    Setiap para blogger pasti ingin membuat postingan blognya muncul pertama ... thumbnail 1 summary

Tips Membuat Blog Tampil Di 10 Besar Pencarian Google -
   Setiap para blogger pasti ingin membuat postingan blognya muncul pertama di google, masalahnya belum banyak yang tau bagaimana tips membuat blog tampil di 10 besar pencarian google. Cara membuatnya adalah dengan melakukan SEO pada blog anda. Pada postingan ini juga saya akan membahas mengenai pengertian Keyword dan contohnya.

Jika anda belum tau apa itu SEO,kebetulan anda berkunjung ke artikel blog ini,karena saya akan membahas tentang apa itu SEO dan Keyword pada blog..SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat blog atau web kita berada di urutan pertama di mesin pencarian search engine seperti ; Google,Yahoo,dan Bing.

Baca Juga : Pengertian SEO Dan Fungsinya Pada Blog/Website

Sedangkan Keyword adalah kata kunci yang di gunakan pada blog yang akan muncul di pencarian google. Dari pengertian di atas Keyword secara sederhana adalah kata atau susunan kata yang di cari dan di perlukan. Sebagai contoh ; Ihsan diberi tugas oleh gurunya untuk mencari "Text Deskripsi",maka dia akan mencari di google dengan kata kunci/keyword tentang kata-kata Text Deskripsi tersebut.

Tips Dan Trick SEO yang saya bagikan ini sebenarnya gabungan dari trick SEO yang lama dan trick SEO yang sedang trend saat ini. Jadi jika anda mengikuti panduan SEO Blog di artikel blog ini,maka otomatis artikel anda muncul di halaman 10 besar pencarian google/jika pesaingnya melebihi batas atau sampai ribuan,saya tidak menjamin bisa masuk 10 besar,namun apa salahnya mencoba bukan ?

Oke,sudah cukup untuk perkenalan mengenai SEO dan Keywordnya ya. Sekarang langsung saja kita akan membahas tentang Tips Membuat Artikel Blog Muncul Di 10 Besar Pencarian Google.

1. Riset Keyword

Hal Pertama yang dilakukan adalah mulailah dengan Riset Keyword. Riset Keyword menurut saya adalah ide awalan untuk membuat "Judul Artikel" yang berkualitas. Jika anda bingung untuk membuat judul pada artikel blog anda, anda bisa kunjungi situs" web yang bersedia membantu anda membuat "Kata Kunci/Riset Keyword" pada judul artikel anda, ini adalah beberapa situs membantu anda dalam menemukan Keyword :

  • Ubbersuggest
  • KeywordPlanner

Atau anda juga bisa membuat Riset Keyword sendiri untuk di jadikan juduk artikel pada blog anda, namun jangan lupa untuk membuat Keyword yang masuk akal.

  • Contoh keyword yang masuk akal :
  Tips membuat kue bolu, Tips menjaga kesehatan mata, Cara membuat blog dengan mudah, Dll
  • Contoh keyword yang tidak masuk akal :
  Jual barang-barang,Tiket Kereta Online,Bioskop Online,Belanja Tas Online, Dll

Tingkat persaingan Keyword/kata kunci dapat anda lihat di google dengan cara mengetik kata kunci yang anda ingin lihat persaingannya. Lalu lihat hasil pencariannya tepat di atas hasil pertama kata kunci yang anda masukan tersebut. Jika hasil pencarian berada di atas 10.000 maka dikategorikan berat, jika di antara 5.000-9.999 tergolong sedang, dan untuk jumlah pencarian di bawah 5000 tergolong persaingan yang mudah.

2. Buat Judul Yang Unik Dan Menarik Untuk Di Lihat

Judul yang anda buat haruslah unik, namun jika hanya unik saja itu kurang efektif, buatlah judul yang unik dan juga menarik untuk di lihat ataupun di baca. Judul pada sebuah artikel blog lebih terpenting dari pada keyword atau kata kunci dalam judul artikel yang anda buat.

Dalam membuat judul artikel, ada beberapa aturan yang harus anda ketahui, aturan-aturan tersebut seperti :

  •  Batasi jumlah karakter judul sebanyak 60 karakter
   ( jika lebih maka tulisan di atas 60 karakter akan tidak terlihat di halaman pencarian)
  • Gunakan tulisan title case/bawaan google
  • Jangan gunakan penggunaaan simbol 

Beberapa hal tersebut setidaknya dapat anda jadikan patokan dalam membuat judul artikel pada blog.

3. Tulis Artikel Berkualitas

Artikel yang berkualitas adalah artikel yang di buat sendiri tanpa menyalin/mencopy artikel dari blog lainnya. Namun tidak sepenuhnya menulis artikel itu sendiri, karena hal itu akan menyebabkan kulitas blog menurun. Lalu bagaimana Caranya ?

Caranya adalah dengan merangkum/menggabungkan informasi dari berbagai sumber dan di postingkan di artikel anda, dengan gaya bahasa anda sendiri.

Dengan begitu artikel yang anda buat akan menjadi artikel terlengkap di antara artikel-artikel dari sumber lainnya, itu karena anda telah merangkum seluruh artikel dari berbagai sumber. Jika anda telah melakukan hal ini maka tidak di ragukan lagi kalau blog anda akan tampil di 10 besar pencarian google.

Untuk Belajar Lebih Lanjut Bisa Ke : www.portaltipsinternet.blogspot.co.id

4. Mengoptimalkan Tautan Permanen

Tautan permanent adalah tautan/url yang akan mengarah ke artikel pada blog anda. Untuk penggunaan Blogger telah disediakan tautan permanent di bagian kanan pada ketikan artikel.

Hati-hati dalam penggunaan fitur ini karena jika penggunaannya salah bisa menjadi artikel anda tidak masuk di pencarian google jadi gunakanlah sesuai panduan di bawah ini.



Menurut Tool Mozilla Bar (9-12 kata), Menurut Matt Cutt usahakan (3-5 kata), Menurut Tool SEQQuake usahakan di bawah 75 karakter (7-9 kata).

Jika di simpulkan, sebaiknya mengambil tengahnya saja, menurut saya kata yang cocok adalah 3-12 kata atau 51-110 kata.

5. Gunakan Heading Tag

Heading Tag sangat di perlukan bukan hanya untuk SEO melainkan untuk membantu pengunjung dalam membacanya. Gunakanlah heading tag sebaik-baiknya, karena jika tidak SEO bisa tidak jelas,dan pengunjung blog jadi tidak senang membacanya.

6. Tambahkan Deskripsi Penelusuran 

Deskripsi penelusuran tidak ada secara langsung harus di aktifkan dengan cara menghidupkannya di menu setelah pada blog. Banyak orang yang belum tau cara menghidupkan deskripsi penelusuran, dan banyak juga orang yang tidak peduli, padahal itu cukup brilian jika ingin membuat blog tampil di 10 besar pencarian google.



Peran Meta Descripsion/Deskripsi Penelusuran adalah agar pengunjung tertarik untuk mengklik situs anda, dengan catatan saat membuat meta descripsion, anda diharuskan untuk "menggunakan kata-kata yang menarik sehingga pengunjung mau mengklik situs anda"

7. Tambahkan Label 

Label berguna bagi blog anda, karena bukan hanya memudahkan pengunjung untuk melihat kategori artikel anda, tetapi bounce rate anda akan menurun yang menyebabkan blog anda semakin bagus di mata pencarian google. Maksudnya bounce rate adalah jika artikel berantakan/tidak tersusun itu akan di nilai kurang baik oleh google, maka kita harus menurunkan bounce rate pada blog kita supaya blog kita di nilai baik oleh google.

8. Lokasi 

Lokasi pada bagian artikel blog juga sangat berguna, misalkan ; lokasi wilayah kita di indonesia, maka namai lokasinya di wilayah indonesia " jangan gunakan kota kecuali artikel anda fokus kepada kota tersebut, karena itu hanya akan membuat google kurang mengenalinya". Dengan begitu google akan lebih mudah mengenali blog anda karena anda menempatkan wilayah lokasi di blog anda.



9. Bagikan/Share Ke Media Social

Cara ini juga merupakan cara yang jitu untuk membuat blog tampil di 10 besar pencarian google, karena jika anda membagikan artikel blog anda di social media, semakin banyak orang melihatnya ataupun mengkliknya. Akan lebih baik lagi jika anda membuat fanspage untuk blog anda. Jika anda membuat fanspagenya dan anda mengupdatenya maka, akan semakin banyak orang yang melike dan mengunjungi blog anda. Beberapa social media yang sudah terkenal dan anda bisa bagikan artikel anda disana yaitu : facebook, twitter, feed, dan google plus.

10. Dapatkan Backlink Dari Berbagai Blog

Ini adalah cara yang cukup bermanfaat, karena jika anda mempunya Backlink dari blog lain " apalagi blog yang memiliki page rank tinggi" maka blog anda akan cepat tampil utama di pencarian google.
cara mendapatkan Backlink adalah dengan berkomentar ke blog-blog yang memiliki page rank " seperti blog saya ini hehe" contohnya : akun blog anda mempunyai alamat gmail, nah gmail itu di gunakan untuk berkomentar di blog ini maka otomatis blog anda akan naik sedikit di page rank google.

Itulah Tips Membuat Blog Tampil Di 10 Besar Pencarian Google, jika anda telah benar mengikuti panduan-panduan seperti di atas, maka otomatis blog anda akan masuk di 10 besar pencarian google. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, lain kali jangan lupa mampir lagi ya.. karena akan ada update tentang info dan tips mengenai Page Rank di Blog.

Tips Media Teknologi.co.id - Tips Membuat Blog Tampil Di 10 Besar Pencarian Google
 







8 comments

  1. Makasih bro, infonya sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  2. nice infonya bro... bisa belajar lebih dalam mengenai blog

    ReplyDelete
  3. mas, saya masih bingung cara riset keywords bagaimana ni mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riset Keywordnya lewat Ubersuggest.com, terus masukin kata kuncinya, kayak Blog, atau Teknologi. Ini Gmail Baru Saya, dan Blog Baru Saya > www.portaltipsinternet.blogspot.co.id

      Delete
  4. Tips yang berguna gan, oh iya, selain itu bisa juga dengan cara seo on page gan

    ReplyDelete

Peraturan Berkomentar Di Blog Ini
• Dilarang Komentar Spam
• Dilarang Memasukan Link Aktif Di Komentar (http/www/.co)
• Dilarang Komentar Yang Tidak Ada Hubungannya Dengan Topik
Terima Kasih